-
- Promosi adalah bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran.
- Hakikat fungsi pemasaran secara luas :
- Perumusan jenis produk yang diinginkan konsumen,
- Perhitungan berapa banyak kebutuhan akan produk tersebut,,
- Bagaimana cara menyalurkan produk tersebut kepada konsumen,
- Seberapa tinggi harga harus ditetapkan sehingga cocok dengan kondisi konsumennya,
- Bagaimana cara promosi/mengkomunikasikan produk tersebut kepada konsumen,
- Bagaimana mengatasi kondisi persaingan
- LATAR BELAKANG & TUJUAN (lanjutan)
- Promosi adalah tindakan menginformasikan atau mengigatkan pelanggan mengenai suatu produk/merek tertentu.
- LATAR BELAKANG & TUJUAN (lanjutan)
- Promosi digunakan untuk mendukung berbagai strategi pemasaran lainnya (strategi produk, strategi penentuan harga, dan strategi distribusi)
- Promosi akan mempercepat penyampaian strategi pemasaran kepada konsumen. Tanpa promosi maka strategi ini akan sulit untuk sampai kepada konsumen.
- Strategi discount tidak akan diketahui oleh konsumen tanpa promosi.
- Produk berkualitas diberi harga wajar akan sulit laku apabila tidak dipromosikan sehingga konsumen tahu keberadaannya.
- Diferensiasi produk tidak akan dikenal baik oleh konsumen jika tidak dipromosikan.
- BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX)
- Bauran metode promosi yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penerimaan produk-produknya. Empat metode promosi sbb :
- Iklan
- Penjualan perorangan
- Promosi penjualan
- Hubungan masyarakat
- Beberapa metode tsb dapat digunakan tersendiri maupun bersamaan tergantung target pasar yang dikehendakinya.
- IKLAN ( Advertising )
- Presentasi penjualan yang bersifat non personal yang dikomunikasikan dalam bentuk media atau non media dengan tujuan untuk mempengaruhi sejumlah besar pelanggan.
- Beberapa alasan memanfaatkan iklan :
- Meningkatkan citra merek produk tertentu
- Iklan merek (strategi iklan komparatif dan iklan pengingat)
- Meningkatkan citra lembaga
- Iklan Institusional
- Meningkatkan citra industri
- Iklan Industri
- Beberapa alasan memanfaatkan iklan (lanjutan)
- Meningkatkan citra merek produk. Jenis iklan yang dimanfaatkan :
- Iklan merek ( brand advertising ) : Presentasi penjualan nonpersonal mengenai merek tertentu, strategi yang umumnya digunakan :
- Iklan komparatif ( comparative advertising ) : membujuk pelanggan untuk membeli produk tertentu dengan mendemonstrasikan keunggulan merek tersebut melalui perbandingan dengan merek lainnya.
- Iklan pengingat ( reminder advertising ) : mengingatkan keberadaan produk kepada pelanggan.
- Beberapa alasan memanfaatkan iklan (lanjutan)
- Meningkatkan citra lembaga. Jenis iklan yang dimanfaatkan :
- Iklan institusional ( institutional advertising ) : Presentasi penjualan nonpersonal mengenai sebuah lembaga.
- Iklan ditampilkan untuk pencitraan perusahaan secara keseluruhan tanpa memusatkan pada produk tertentu. (misal dikemas dalam layanan masyarakat, misi lingkungan, dll)
- Beberapa alasan memanfaatkan iklan (lanjutan)
- Meningkatkan citra Industri. Jenis iklan yang dimanfaatkan :
- Iklan industri ( industry advertising ) : Presentasi penjualan nonpersonal mengenai produk industri tertentu :
- Kelompok industri / asosiasi perindustrian mengiklankan produk-produknya untuk meningkatkan permintaan produk-produk dalam industri tersebut. (misal iklan hidup sehat dengan mencuci tangan, minum susu, dll)
- BENTUK-BENTUK IKLAN : Lokal, Nasional Khusus (media khusus) Lokal Transportasi Lokal Luar ruangan Lokal, Nasional Telemarketing Lokal, Nasional Surat langsung Nasional, Internasional E-mail Nasional, Internasional Internet Lokal, Nasional Televisi Lokal Radio Nasional Majalah Lokal Surat Kabar AREA YANG MENJADI TARGET BENTUK-BENTUK IKLAN
http://www.slideshare.net/abeyow/strategi-promosi-i
Tidak ada komentar:
Posting Komentar