Jumat, 08 Oktober 2010

promotion strategi

    • Promosi adalah bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran.
    • Hakikat fungsi pemasaran secara luas :
      • Perumusan jenis produk yang diinginkan konsumen,
      • Perhitungan berapa banyak kebutuhan akan produk tersebut,,
      • Bagaimana cara menyalurkan produk tersebut kepada konsumen,
      • Seberapa tinggi harga harus ditetapkan sehingga cocok dengan kondisi konsumennya,
      • Bagaimana cara promosi/mengkomunikasikan produk tersebut kepada konsumen,
      • Bagaimana mengatasi kondisi persaingan
    Indriyo Gitosudarmo, Pengantar Bisnis, BPFE UGM, 1996
  1. LATAR BELAKANG & TUJUAN (lanjutan)
    • Promosi adalah tindakan menginformasikan atau mengigatkan pelanggan mengenai suatu produk/merek tertentu.
    Promosi Meningkatnya permintaan akan barang dan jasa Meningkatnya penjualan Meningkatnya laba Meningkatnya Nilai Promosi dengan dampak positif yang diharapkan Jeff Madura, Introduction To Business, 2007
  2. LATAR BELAKANG & TUJUAN (lanjutan)
    • Promosi digunakan untuk mendukung berbagai strategi pemasaran lainnya (strategi produk, strategi penentuan harga, dan strategi distribusi)
      • Promosi akan mempercepat penyampaian strategi pemasaran kepada konsumen. Tanpa promosi maka strategi ini akan sulit untuk sampai kepada konsumen.
        • Strategi discount tidak akan diketahui oleh konsumen tanpa promosi.
        • Produk berkualitas diberi harga wajar akan sulit laku apabila tidak dipromosikan sehingga konsumen tahu keberadaannya.
        • Diferensiasi produk tidak akan dikenal baik oleh konsumen jika tidak dipromosikan.
  3. BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX)
    • Bauran metode promosi yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penerimaan produk-produknya. Empat metode promosi sbb :
        • Iklan
        • Penjualan perorangan
        • Promosi penjualan
        • Hubungan masyarakat
    • Beberapa metode tsb dapat digunakan tersendiri maupun bersamaan tergantung target pasar yang dikehendakinya.
    • IKLAN ( Advertising )
    • Presentasi penjualan yang bersifat non personal yang dikomunikasikan dalam bentuk media atau non media dengan tujuan untuk mempengaruhi sejumlah besar pelanggan.
    • Beberapa alasan memanfaatkan iklan :
      • Meningkatkan citra merek produk tertentu
        • Iklan merek (strategi iklan komparatif dan iklan pengingat)
      • Meningkatkan citra lembaga
        • Iklan Institusional
      • Meningkatkan citra industri
        • Iklan Industri
    Jeff Madura, Introduction To Business, 2007
  4. Beberapa alasan memanfaatkan iklan (lanjutan)
    • Meningkatkan citra merek produk. Jenis iklan yang dimanfaatkan :
      • Iklan merek ( brand advertising ) : Presentasi penjualan nonpersonal mengenai merek tertentu, strategi yang umumnya digunakan :
        • Iklan komparatif ( comparative advertising ) : membujuk pelanggan untuk membeli produk tertentu dengan mendemonstrasikan keunggulan merek tersebut melalui perbandingan dengan merek lainnya.
        • Iklan pengingat ( reminder advertising ) : mengingatkan keberadaan produk kepada pelanggan.
  5. Beberapa alasan memanfaatkan iklan (lanjutan)
    • Meningkatkan citra lembaga. Jenis iklan yang dimanfaatkan :
      • Iklan institusional ( institutional advertising ) : Presentasi penjualan nonpersonal mengenai sebuah lembaga.
        • Iklan ditampilkan untuk pencitraan perusahaan secara keseluruhan tanpa memusatkan pada produk tertentu. (misal dikemas dalam layanan masyarakat, misi lingkungan, dll)
  6. Beberapa alasan memanfaatkan iklan (lanjutan)
    • Meningkatkan citra Industri. Jenis iklan yang dimanfaatkan :
      • Iklan industri ( industry advertising ) : Presentasi penjualan nonpersonal mengenai produk industri tertentu :
        • Kelompok industri / asosiasi perindustrian mengiklankan produk-produknya untuk meningkatkan permintaan produk-produk dalam industri tersebut. (misal iklan hidup sehat dengan mencuci tangan, minum susu, dll)
  7. BENTUK-BENTUK IKLAN : Lokal, Nasional Khusus (media khusus) Lokal Transportasi Lokal Luar ruangan Lokal, Nasional Telemarketing Lokal, Nasional Surat langsung Nasional, Internasional E-mail Nasional, Internasional Internet Lokal, Nasional Televisi Lokal Radio Nasional Majalah Lokal Surat Kabar AREA YANG MENJADI TARGET BENTUK-BENTUK IKLAN 



http://www.slideshare.net/abeyow/strategi-promosi-i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar